14 Tahun Lagi

Kemarin Saya mikir betapa teknologi berkembang sangat pesat. Gara-garanya Saya habis video-calling. Padahal dulu kita cuma bisa berjumpa via suara (RAN, kamu salah, kita sekarang juga bisa jumpa via video-call).

Saya jadi ingat kira-kira waktu masih SD, tahun 2000, 14 tahun yang lalu. Waktu itu jaman-jamannya excited punya hp. Papi Saya baru beli Ericsson R310. Itu lho Ericsson hiu yang tahan air dan jatuh, yang antenenya mirip sirip hiu. Pikir-pikir keren juga ya, 14 tahun lalu sudah ada hp yang tahan banting. Bandingin dengan sekarang, hp android Saya kelempar langsung pecah, canggih sih, tapi ringkih.

Seringkali ketika mau tidur Saya main hp dulu. Walupun warnanya masih hitam putih (kalau nggak bisa disebut kuning), tapi Saya seneng banget utak-atiknya. Dari main game, dengerin ringtone (yang monophonic), atau sekedar browsing menu-menu yang ada. Saya ingat menunya paling cuma Phonebook, SMS, Settings, dan Extras yang isinya game, kalkulator, dsb. Bosan dengan menu yang itu-itu aja, Saya jadi membayangkan kalau aja hp hiu ini punya menu yang lebih seru. Kemudian Saya bayangin hp itu punya menu TV, Video, Kamera, dan bisa jadi proyektor, jadi Saya bisa nonton kartun di dinding.

Empat belas tahun setelah itu teknologi yang Saya cita-citakan ada. Malah nggak sampai 14 tahun kan? Keren banget para inventor ini.

Jadi ketika malam ini Saya bayangin kalau aja ada hp yang bisa memproyeksikan orang di seberang sana yang lagi on-call dengan kita ke sisi kasur di sebelah kita, bukan mungkin akan jadi kenyataan kan? Mungkin perlu menunggu 14 tahun lagi. Atau jika itu terlalu terburu-buru, waktunya dikali 2 pun masih nggak masalah. Jadi 28 tahun lagi? Selama kemungkinan itu masih ada, senang rasanya membayangkannya.

Advertisements

2 thoughts on “14 Tahun Lagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s