Kalem

Pikir-pikir, kita hidup serba grasa-grusu. Kita mau apa-apa serba cepat. Seperti nggak bisa menunggu sebentar. Seperti terlalu banyak urusan kita sehingga tidak ingin sedetikpun dihabiskan menunggu.

Menunggu memang menyebalkan. Bersabar juga mengesalkan. Ibadah kita buat cepat. Kendaraan kita selip kanan kiri. Lampu merah nyaris tidak ada gunanya.

Kapan terakhir kali kita benar-benar tidak terburu waktu? Tidak perlu mendera dengan klakson ketika jalanan sedang macet. Bersedia menunggu ketika makanan yang kita pesan baru siap dalam 20 menit. Tidak beralasan harus kembali ke meja segera setelah selesai sholat di musholla.

Kita pun terbiasa untuk panik. Ketika menemui hal yang tidak sesuai perkiraan kita, langsung saja seperti terbakar jenggot. Kita berpikir cepat, tapi tidak bijak. Kita merasa akhir dari dunia ketika suatu hal tidak berjalan sebagaimana mestinya, menurut kita.

Tiket pulang kampung habis. Deadline sudah lewat. Sakit. Lupa membawa handphone. Uang menipis habis. Kunci motor mendadak hilang. Masa berlaku paspor habis. Belum mengambil laundry. Ada misscall sampai 15 kali. Harus kembali segera ke perantauan.

Panik.

Sebenarnya keadaan akan bertambah buruk ketika kita panik. Toh kita panik atau tidak, hal itu sudah terjadi, dan pasti akan selesai. Entah selesai sesuai keinginan kita atau tidak.

Ketika hal seperti itu terjadi, saya mencoba tenang. Namun beberapa kali saya gagal. Energi saya habis memikirkan hal yang tidak perlu. Padahal energi saya seharusnya bisa dipakai ke hal yang lebih berguna.

Pernahkah seseorang dalam hidup kita mengatakan suatu hal yang tidak pernah lepas dari ingatan? Saya sering.

Seperti kata sahabat saya ketika mendapati saya yang panik dan grasa-grusu.

“Kalem, Pur.”

Advertisements

2 thoughts on “Kalem

  1. kayanya pengaruh tinggal di Jakarta juga sih, soalnya tenaga habis buat perjalanan, trus gampang cape, emosian.

    yaudahlah, kan katanya : better too late than never
    etapi jangan diikutin deh hehhehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s